Beranda Ragam Berkah Musim Tanam Bagi Pandai Besi Gunungkidul

Berkah Musim Tanam Bagi Pandai Besi Gunungkidul

191
0

Memasuki masa tanam, yang terjadi pada musim penghujan ini, para petani mulai banyak yang memerlukan alat-alat pertanian, seperti cangkul dan sabit. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap permintaan terhadap para pandai besi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehinga, omzet mereka meningkat dua kali lipat.

Memasuki musim penghujan, permintaan atas alat-alat pertanian meningkat dua kali lipat. Sehingga, para pandai besi, yang ada di Dusun Kajar Tiga, Desa Karang Tengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kini harus bekerja ekstra. Jika pada musim kemarau lalu, mereka hanya bisa mengirimkan satu mobil pick up alat pertanian ke luar kota, seperti Sukoharjo, Semarang, dan Purworejo. Kini meningkat menjadi dua kali lipat.

Meski mengalami peningkatan, para perajin logam itu, mengerjakan pesanan penuh dengan ketelitian. Dengan bahan dasar per mobil bekas, mereka berusaha menciptakan karya-karya yang berkualitas. Mulai sabit, parang, dan cangkul.

Salah satunya seperti yang dilakukan marimin pramuji, yang dalam sehari mampu menghasilkan ratusan jenis alat pertanian. Di mana walaupun pesanan begitu banyak, dia tidak menaikkan harganya. Seperti sabit yang dihargai 20 ribu rupiah, parang 30 ribu-an rupiah, dan cangkul yang tetap bergarga 50 ribu rupiah.

Peningkatan pesanan alat-alat pertanian sendiri telah terjadi sejak setidaknya dua pekan terakhir. Dan diperkirakan, bersarnya permintaan alat-alat pertanian akan terjadi hingga musim tanam selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 89 = 90