Connect with us

Keagamaan

Beredar Hoaks Kartu Nikah, Ini Penampakan Kartu Nikah Digital Kemenag

Diterbitkan

pada

Kemenag – Viral di media sosial kartu nikah yang hanya menyantumkan foto suami pada tampilan depan dengan tulisan nama Kementrian Agama, bukan Kementerian Agama. Sementara pada tampilan belakang, terdapat empat kolom untuk foto istri.

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, memastikan bahwa kartu itu bukan format resmi Kementerian Agama, alias hoaks. “Kartu dengan foto suami dan empat kolom foto istri itu bukan kartu resmi yang Kementerian Agama terbitkan. Itu masuk kategori hoaks karena mengatasnamakan dan menggunakan logo Kementerian Agama,” tegas Kamaruddin Amin di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Menurut Kamaruddin, mulai Agustus 2021, Kementerian Agama memang tidak lagi menerbitkan kartu nikah secara fisik. Pasangan pengantin yang menikah di bulan ini akan mendapatkan kartu nikah digital.

“Kartu Nikah Digital terbitan Kemenag menampilkan foto pasangan suami dan istri pada halaman depan, disertai keterangan nama suami, nama istri, serta tanggal akad nikah,” jelas Kamaruddin.

“Bagian atas kartu tertulis lengkap nama Kementerian Agama Republik Indonesia dengan gambar Garuda dan Logo Kementerian Agama. Sementara pada bagian bawah, ada keterangan KUA tempat menikah, nomor akta, serta barcode yang akan terhubung dengan data server Bimas Islam. Data lengkap pasangan pengantin ini bisa terbaca melalui scan barcode,” sambungnya.

Kamaruddin Amin menambahkan, layanan kartu nikah digital ini bisa masyarakat akses di semua Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web). Saat ini, tercatat sudah ada 5.819 KUA yang sudah bisa mengakses Simkah Web. Jumlah tersebut masih terus bertambah seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan di KUA.

Cara mendapatkan kartu nikah digital cukup mudah. Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb. Pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif. Setelah pasangan pengantin melaksanakan akad nikah, kartu nikah online akan terkirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah terdaftar melalui Simkah Web (sementara masih melalui email) dalam bentuk tautan atau ‘link’.

“Kartu nikah bukan pengganti buku nikah. Dengan begitu, pasangan pengantin tetap akan menerima buku nikah fisik. Sementara, kartu nikah akan tersampaikan secara digital melalui nomor WhatsApp maupun email yang terdaftar. Bagi pasangan pengantin yang menghendaki kartu nikah fisik, bisa mengajukan permohonan kepada Kepala KUA. Ini bisa pemohon dapatkan, selama persediaan kartu nikah di KUA tersebut masih ada,” tandasnya. (humas Kemenag)

Continue Reading
Advertisement

Jawa Timur

Pelantikan Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Tulungagung

Diterbitkan

pada

Tulungagung – Bertempat di auditorium gedung arif mustakim Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  pengurus cabang fatayat NU menggelar acara Pelantikan Pimpinan Cabang Fatayat Nahdatul Ulama kabupaten Tulungagung masa khidmat 2019 – 2024 sekaligus launching lagu baru Fatayat NU Tulungagung.

Acara yang digelar pada hari Minggu 17 Oktober 2021 ini atau 10 Rabbiul Awal 1443 H dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai kalangan, diantaranya seluruh pengurus PC FATAYAT NU, lembaga Fatayat NU, PAC Fatayat NU se kab. Tulungagung dan juga mitra-mitra fatayat NU seperti forkopimda, ormas dan dinas-dinas terkait. Bahkan pelantikan ini juga mendapat kunjungan langsung oleh Bupati Tulungagung Bapak Maryoto Birowo.

Pelantikan yang terlaksana pada akhir 2021 ini karena adanya kendala virus Covid-19. Bukan hanya pelantikan pimpinan cabang Fatayat NU Tulungagung saja, namun dalam acara ini juga terlaksana Launching lagu Fatayat Produktif dari PC fatayat NU Tulungagung.

Karena berlangsung di tengah-tengah pandemi covid 19, acara ini terlaksana dengan protokol kesehatan yang ketat. Yaitu dengan menggunakan setengah dari total kapasitas gedung, memakai masker, dan menjaga jarak. Bahkan tim kesehatan mengecek suhu badan dan memberikan handsanitizer untuk seluruh tamu undangan yang memasuki ruangan.

Dari adanya pelantikan ini, PC Fatayat NU Tulungagug berharap kedepan pimpinan cabang baru semakin produktif dan semangat dalam mengemban amanahnya di masa khidmat 2019-2024.

Continue Reading

MaduTV on Facebook

TV DIGITAL MADU TV

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

Trending

%d blogger menyukai ini: