Belasan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

96

Kediri – Angin puting beliung porak porandakan dua desa di Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/12). Akibat kejadian ini, belasan rumah warga rusak, pepohonan tumbang dan dua orang mengalami luka-luka akibat tertimpa atap runtuh.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri dibantu sejumlah relawan tengah mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga. Ada belasan rumah warga dari dua desa yakni, Batu Aji dan Purwodadi yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di sertai hujan deras.

Gunarto, salah satu warga mengatakan, saat puting beliung terjadi hujan deras turun berasama dengan angin berputar. Bersamaan itu, pepohonan roboh menimpa rumah-rumah warga serta kandang ternak. Warga yang ketakutan, memilih untuk tetap berada di dalam rumah.

Johan Maras Ponda, Kasi Kedaruratan Bencana BPBD Kabupaten Kediri mengatakan, akibat peristiwa ini, banyak rumah warga yang rusak terutama pada bagian atap. Bahkan, dua orang warga harus dilarikan ke pelayanan kesehatan setelah mengalami luka-luka akibat tertimpa atap rumah yang runtuh.

Selain merusak rumah warga, angin juga menerjang tiang listrik hingga roboh sehingga memutuskan saluran kabel. Bahkan tidak sedikit pula pohon yang tumbang dan menimpa saluran kabel PLN.

Memasuki musim hujan seperti ini, selain musibah banjir, masyarakat juga diminta untuk waspada terhadap cuaca buruk seperti puting beliung. (me)