Beranda Berita Batu Secret Zoo Kenalkan Koleksi Baru 2 Ekor Komodo Hasil Sitaan BKSDA

Batu Secret Zoo Kenalkan Koleksi Baru 2 Ekor Komodo Hasil Sitaan BKSDA

69
0

Masa cuti bersama lebaran 2019 telah usai. Namun musim libur panjang sekolah, masih baru saja dimulai, hingga pertengahan juli mendatang.

Bagi anda pecinta satwa liar, khususnya hewan khas indonesia, komodo, tidak perlu pergi jauh-jauh ke Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur. Karena kini di kota batu – jawa timur, anda dapat melihat sekaligus belajar kehidupan hewan purba tersebut.

Kehadiran hewan liar pemakan daging ini, baru saja diperkenalkan taman rekreasi keluarga secret zoo kota batu, pada awal bulan juni 2019 ini. Terletak di sektor timur, 2 ekor komodo berjenis kelamin jantan ini, menghuni kandang baru mereka, sejak beranjak dewasa.

Saat ini, mereka berusia 5 tahun dengan panjang 2 hingga 3 meter dan bobot 100 kilogram. Mereka merupakan hewan titipan balai konservasi sumber daya alam, B-K-S-D-A Jawa Timur, sebagai hasil penyerahan sukarela warga saat masih berumur kurang dari 2 tahun.

Sebelum menempati kandang berukuran 12 kali 5 meter persegi, kedua hewan carnivora ini, menempati kandang karantina dan tidak diijinkan berhubungan langsung dengan manusia. Dan saat ini, suhu rumah baru keduanya, dipastikan memiliki suhu ruang rata-rata 30 derajat celcius, serupa dengan suhu di habitat aslinya di pulau komodo.

Demi mendapatkan suhu idealnya, pihak pengelola harus menambahkan sejumlah lampu ultraviolet, agar menyerupai cahaya matahari, di lokasi pegunungan bersuhu rendah seperti kota batu ini.

Bagi para wisatawan yang berkunjung, keberadaan 2 ekor makhluk bernama latin varanus komodoensis ini, memberikan kemudahan untuk melihat sekaligus mengenal dekat kehidupan hewan yang memiliki umur hingga 150 tahun ini, tanpa harus jauh-jauh datang ke pulau komodo, di nusa tenggara timur.

Demi menjaga keamanan para pengunjung dan kenyamanan komodo dragon, pihak pengelola menempatkannya ke dalam 2 kandang khusus yang terhubung satu dengan yang lain. Pasalnya, hewan yang pernah hidup di jaman pleistosen belasan ribu tahun silam ini, memiliki kecepatan berlari mengejar mangsanya mengalahkan manusia, dan memiliki racun mematikan di dalam air liur, sebagai salah satu cairan yang membantu proses mencerna binatang buruan mereka, di dalam perut.

Dalam waktu dekat, pihak pengelola taman secret zoo, bakal melakukan tahapan perkawinana, denan mencari induk betina bagi kedua ekor komodo tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

69 − = 59