Banyuwangi – Tanah Kutorejo Akhirnya Bisa Menjadi Sertifikat Hak Milik Warga

148

Banyuwangi – Warga masyarakat Dusun Kutorejo, Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya bisa bernafas lega. Hal ini lantaran puluhan tahun mereka menetap di tanah perhutani, akhirnya akan berubah menjadi tanah hak milik warga.

Kabar gembira tersebut datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, saat meninjau lokasi pemukiman penduduk setempat pada jumat siang kemarin.

Dalam kunjungannya, petugas meninjau titik-titik tapal batas antara tanah yang terhuni oleh warga dengan tanah milik perhutani yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo tersebut.

Selain mengecek kondisi lapangan, petugas juga memastikan bahwa penduduk setempat benar-benar telah menatap di lokasi tersebut sejak lama dan layak mendapatkan tanah. Kebijakan tersebut sesuai dengan peraturan presiden tentang penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan.

Artinya, warga yang sudah menetap di Dusun Kutorejo, nantinya akan bisa mensertifikatkan tanah tersebut menjadi tanah bersertifikat hak milik pribadi.

Menurut prediksi proses tersebut akan tuntas dan terealisasikan pada bulan Desember ahir tahun 2021 ini. Semoga harapan besar warga Kutorejo bisa terwujud dan menjadi kado indah di tengah pandemi yang hingga kini masih belum usai. (aw)