Banyuwangi – Ngaji Jemput Bola Ala Ustazah Menik

Banyuwangi – Mengajar ngaji tidak harus di mushola ataupun di masjid. Rumah milik sang santri pun bisa menjadi sarana penyalur ilmu agama. Hal itulah yang mendasari salah satu ustadzah asal Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, menerapkan metode jemput bola pada santri binaannya. Terlihat seperti privat, namun sang ustadzah tidak mematok tarif layaknya lembaga bimbingan belajar anak sekolah,

Menik, ibu penjahit baju yang tidak asing di telinga masyarakat Desa Jajag. Sosoknya terkenal bukan karena menjahit seragam Presiden Jokowi yang baru saja berulang tahun. Akan tetapi, sisi lain dari kehidupannya yang menginspirasi banyak orang lewat metode pengajaran agama door to door atau jemput bola kepada para santrinya. Sepeda mini butut milik wanita yang akrab disapa Ustadzah Menik ini, telah menemaninya hampir satu dekade belakangan ini dalam meniti karir di jalan Allah.

Satu persatu rumah sang santri ia datangi. Mulai dari yang masih belajar Iqro hingga yang masuk tahapan ilmu Alquran. Teras rumah milik orang tua santri ia gunakan dalam metode pengajarannya saat pelajaran ngaji. Ketelatenan dan kesabaran menjadi kunci sang ustadzah untuk bisa mencetak generasi pembaca Al-Qur’an. Meskipun jumlah santrinya tidak sebanyak dulu,  tetapi semangatnya untuk tetap mengajar tidak pernah surut.

Selama mengajar, Ustazah Menik tidak pernah mematok tarif layaknya lembaga bimbingan belajar sekolah pada umumya, sehingga para wali santri bisa memberikan seikhlasnya. Selain itu jika ada yang tidak mampu membayar, ia tidak pernah mempermasalahkannya, asalkan sang santri tetap memiliki semangat untuk terus belajar.

Gadget yang saat ini sudah menyentuh generasi muda menjadi salah satu alasan kenapa jumlah santrinya saat ini mulai berkurang.  Hal tersebut karena minat untuk belajar ilmu Alquran cenderung kalah daripada dengan minat mereka untuk bermain  gadget. Sehingga dirinya berharap, nantinya para orang tua dapat menjadi kontrol sosial bagi para anaknya, agar tidak salah dalam memanfaatkan teknologi. (aw)