Connect with us

banyuwangi

Banyuwangi – Menghidupi Keluarga Dengan Berbekal Pasir Di Sungai

Diterbitkan

pada

Banyuwangi – Menghidupi Keluarga Dengan Berbekal Pasir Di Sungai

Warga Desa Sembulung Kecamatan Cluring Banyuwangi memilih mata pencaharian sebagai pencari pasir di Sungai untuk menghidupi keluarganya. Namun menjadi bahaya apabila sedang penghujan dan debit air sungai membesar dan bahkan banjir.

Inilah Miselan warga dusun Tempursari Desa Sembulung Kecamatan Cluring kabupaten  Banyuwangi Jawa Timur, yang memilih menekuni mencari pasir di sungai sudah hampir 6 tahun lamanya.

Dalam keseharian Miselan dan anaknya mencari nafkah di sungai mencari pasir. Ia berangkat mencari pasir dari pukul 7 pagi hingga 12 siang. Dalam waktu satu hari Miselan berhasil mengumpulkan 1 Kubik pasir, bahkan terkadang juga lebih.

Pasir yang diambil dari sungai dikumpulkan menggunakan alat ban scrup dan seadanya. Miselan kadang juga kesulitan mencari pasir, terlebih kini sedang musim penghujan. Debit Air sungai membesar dan bahkan banjir. Hal tersebut yang menjadi kendala Miselan sehingga tidak dapat bekerja, karena harus menunggu air sungai surut untuk bisa mencari pasir lagi.

Pasir yang sudah diangkut menggunakan ban itu di kumpulin sedikit demi sedikit. Setelah  terkumpul banyak kemudian diambil salah satu orang yang sudah berlangganan. Penghasilannya pun bisa dibilang cukup, dalam 1 Kubik pasir diberi harga 100 ribu rupiah.

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

space-iklan-300x250

TV DIGITAL MADU TV

space-iklan-300x400

Radio MDSFM

Linked Media

madu-tv-live-streaming

%d blogger menyukai ini: