Banjir Terjang Dua Desa di Dringu Probolinggo

105

Probolingo – Hujan deras di kawasan lereng Gunung Bromo membuat dua desa di Probolinggo, Jawa Timur terendam banjir.

Dua desa tersebut merupakan Desa Kedung Galeng dan Desa Dringu yang terendam banjir akibat hujan deras sehingga air masuk ke pemukiman padat penduduk sekitar pukul 18.45 WIB.

Wargapun mulai panik menyelamatkan barang barang berharga untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman dari luapan air Sungai Kedung Galeng.

Bahkan, warga sendiri langsung memasang penahan air khawatir luapan air masuk dan menggenangi rumahnya. Sementara itu, ketinggian air di Dusun Srinem dan Dusun Loan, Desa Kedung Galeng ketinggian air mencapai 20 centimeter. Pihaknya menjelaskan, luapan air Sungai Kedung Galeng ini akibat jebolnya tanggul penahan air sungai di Dusun Gandean. Sehingga, air sungai melewati bawah penahan tanggul berupa bronjong dan masuk ke pemukiman rumah warga.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Reno Handoyo, langsung turun ke lokasi banjir membenarkan adanya tanggul yang jebol. Utamanya, yang jebol terletak di Dusun Gandean.

Pihaknya menjelaskan kalau air itu masuk ke pemukiman warga lantaran bronjong kawat jebol tidak kuat menahan derasnya arus air sungai.

Di sisi lain, pihak petugas TNI dan Polri serta BPBD dan Tagana Kabupaten Probolinggo masih berada di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, luapan air yang menggenangi pemukiman padat penduduk sekitar  berkisar selama satu jam lamanya. Namun, tidak lama air mulai surut kembali dan sebagian wargapun mulai membersihkan rumahnya yang terendam air. (as)