Banjir Bandang Terjang Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

46

Brebes – Banjir bandang terjadi di wilayah Brebes Selatan tepatnya di Kecamatan Bumiayu, Sabtu (26/2) malam. Akibat banjir bandang tersebut, puluhan rumah rumah di Bumiayu mengalami kerusakan dan terbawa arus.

Dari data badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, akibat banjir tersebut sedikitnya 70 rumah yang dekat dengan aliran sungai terdekat terdampak. Bahkan, ada 10 rumah yang terbawa arus.

Kepala BPBD Brebes Nuhsy Mansur mengatakan, banjir bandang yang terjadi di Bumiayu terjadi lantaran meluapnya dua sungai yang ada di Kecamatan Bumiayu. Dua sungai besar itu yakni Sungai Erang dan Sungai Keruh.

Untuk warga yang rumahnya rusak diungsikan ke lokasi lebih aman. Mereka ada yang menempati SDIT AL Ambari dan sebagian lainnya menumpang di rumah kerabat.

Untuk memenuhi kebutuhan makan para pengungsi, BPBD bersama relawan dari TNI-Polri dan PMI mendirikan dapur umum di SDIT Al Ambari. Semua logistik sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi. Akibat kejadian tersebut, warga yang memiliki tempat tinggal dekat daerah aliran sungai dihimbau agar selalu waspada terhadap bencana banjir bandang. Warga juga diminta untuk segera mengungsi bila terjadi hujan lebat. (red)