Bangkalan – Pengadilan Negeri Bangkalan Menuju Pelayanan Bebas Korupsi

Bangkalan – Pengadilan Negeri Bangkalan Menuju Pelayanan Bebas Korupsi

Pengadilan Negeri Bangkalan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat lewat program peter sicora yang berbasis online, untuk memudahkan masyarakat serta menuju wilayah bebas korupsi, WBK, dan wilayah berokrasi bersih melayani.

Untuk meraih predikat WBK dan WBBM PN Bangkalanakan terus menggelorakan program inovasi online peter sicora (pelayanan terpadu e-litigasi, e-court dan era terang) dan rinal jabra (informasi personal panjar biaya perkara) yang telah diluncurkan satu tahu lalu serta sudah di rasakan masyarakat Bangkalan.

Hal ini semua dalam rangka pencanangan pembangunan zona integrasi untuk meraih predikat WBKwilayah bebas korupsi dan WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani) di Pengadilan Negeri Bangkalan.

Sementara itu, pengadilan tinggi Surabaya tahun 2021, telah mendaftarkan pn bangkalan, untuk mengikuti penilaian zona intregritas menpan rb dan badan pengawasan mahkamah agung. Untuk meraih predikat WBK, wilayah bebas korupsi dan WBBM, wilayah birokrasi bersih melayani.

Ketua pengadilan negeri (PN) bangkalan maskur hidayat mengatakan tahun ini PN Bangkalanmelakukan  revitalisai pencanangan pembangunan zona intregritas, untuk meraih WBK dan WBBM, dari menpan RB dan badan pemgawas mahkaman agung.

Tentunya ada beberapa inovasi dan kreatiftas birokrasi yang telah dilaksanakan PN Bangkalan dalam pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya program pelayanan terpadu e-litigasi, e-court, e-raterang, atau disingkat peter sicora.  Serta program ronal jabra yakni informasi personal panjar biaya perkara.

Maskur hidayat menegaskan, semua inovasi ini berbasis on line, sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan pengadilan. Dan yang terpenting bebas korupsi, karena semua masyarakat bisa mengakses secara mandiri, tanpa makelar ataupun perantara.

Sementara itu bupati bangkalan, abdul latif amin imron sangat mengapresiasi inovasi dan kreatifitas PN bangkalan, dalam.meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan sudah selayakany pengadilan negeri bangkalan mendapatkan predikat WBK dan WBBM.

Dl tambahkan ketua PN Bangkalan bahwa program peter sicora dan rinal jabra yang berbasis online tersebut, sudah terbukti bagi masyarakat bangkalan. Peningkatan pelayanan dari tingkat kecamatan di mana saat proses pencalonan kepala desa masyarakat untuk mengajukan keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya sudah bisa dilaksanakan di kecamatan.

Selain itu, kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (kemenpan-RB) dan mahkamah agung (MA) juga dapat melihat inovasi program pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) PN Bangkalan yang berbasiskan online dan terintegrasi lewat program peter sicora dan rinal jabri terkait peningkatan pelayanan bagi masyarakat.