Beranda Berita Balai Kota Terkena Bencana, Petugas Lakukan Evakuasi Mandiri

Balai Kota Terkena Bencana, Petugas Lakukan Evakuasi Mandiri

71
0

Suasana di Balai Kota Among Tani Pemkot Batu mendadak gempar, pada Kamis pagi. Bencana gempa bumi yang tiba-tiba terjadi, membuat seluruh aparatur sipil negara yang sedang bekerja, ketakutan dan lari berhamburan keluar gedung perkantoran untuk menyelamatkan diri.

Para pegawai Pemkot Batu yang sedang asik bekerja, tiba-tiba lari tunggang langgang keluar dari Gedung Balai Kota Among Tani Pemkot Batu, untuk menyelamatkan diri karena kawasan balai kota tengah dilanda bencana gempa bumi.

Sayangnya tak semua orang berhasil lari keluar gedung. Tak sedikit orang terjebak di lantai tiga gedung perkantoran tersebut, mereka pun hanya bisa teriak-teriak minta tolong. Lantaran gempa bumi telah menyebabkan kerusakan parah dan kebakaran di salah satu ruangan.

Tak lama berselang, sejumlah mobil petugas baik dari badan penanggulangan bencana daerah, pemadam kebakaran, mobil ambulan hingga mobil derek, mulai berdatangan ke lokasi kejadian. Sejumlah langkah pertolongan pun mulai dilakukan.

Mulai dari penyelamatan menggunakan mobil tangga milik dinas penanggulangan kebakaran, hingga rapling dan vertical rescue oleh tim dari BPBD Kota Batu. Semua petugas bekerja saling bahu-membahu untuk menyelamatkan para korban bencana.

Bukan kejadian sebenarnya. Ini adalah simulasi evakuasi mandiri yang dilakukan oleh tim BPBD Kota Batu, yang bekerjasama dengan dinas penanggulangan kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan PMI, serta sejumlah instansi lainnya.

Simulasi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019. Kegiatan ini merupakan instruksi dari kemendagri dan BNPB, yang bertujuan agar para asn selalu waspada dan siap siaga jika terjadi bencana di lingkungan tempat kerja mereka.

Dengan digelarnya simulasi ini pula diharapkan nantinya bisa menambah kecakapan atau kemahiran dari para personel BPBD, serta bisa meningkatkan kerjasama antar instansi. Sehingga saat terjadi bencana yang sesungguhnya, semua pihak sudah tahu tugasnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 3 =