fbpx
Connect with us

Berita

Atasi Krisis Internet, Dhito Luncurkan Desa Inovasi Teknologi di Kandangan

Diterbitkan

pada

Kediri (madu.tv)—Solusi mengatasi krisis jaringan internet yang ada selama ini khususnya di pinggiran Kabupaten Kediri seperti di Kecamatan Kandangan mulai hari ini teratasi. Kondisi Geografis yang ada saat ini membuat Desa Kandangan meluncurkan sebuah program Desa Inovasi Teknologi (DITO). Selain untuk memenuhi kebutuhan pemerintah desa dalam upaya mempercepat pelayanan, program ini juga diperuntukkan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan internet.

“Di era digitalisasi ini kita nantinya tidak ingin lagi mendengar masyarakat buta teknologi karena kesulitan jaringan internet. Alhamdulillah hari ini Kandangan mencetak sebuah sejarah baru sebagai desa yang mempunyai internet yang mengcover satu desa,” ujar Hanindhito Himawan Pramono, bakal calon Bupati Kediri saat meresmikan program DITO, Selasa (28/7/20). Wilayah Desa Kandangan mengawali program ini dengan diresmikan di areal Warung Kebon Kandangan. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Kandangan, Hendro Misdiono beserta perangkat desa dan Forkopimcam. Prosesi dilalui dengan acara dialog dengan Mas Dhito, panggilan akrab Putra Sekrestaris Kebinet Pramono Anung tersebut. Pria yang baru berusia 28 tahun ini ingin mewujudkan jaringan internet masuk di sejumlah pelosok desa di Kabupaten Kediri. Menurutnya, masyarakat bahkan generasi milenial harus siap menghadapi era yang serba digital saat ini. Menurutnya, peresmian ini merupakan online dengan program miliknya. Dengan program desa teknologi harapannya semua desa bisa tercover jaringan internet. Terlebih adanya jaringan internet maka dapat membantu masyarakat dalam setiap layanan yang terkoneksi dengan dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Kediri. “Saya berharap kedepan semua desa tercover internet dengan masuknya sebuah Wifi ke pelosok desa yang sulit dengan sinyal. Selain dari itu nanti bisa membantu masyarakat dalam pengurusan layanan seperti Adminduk secara online. Karena saya jika direstui masyarakat Kabupaten Kediri, ingin mewujudkan agar masyarakat tidak kesulitan dalam pengurusan pelayanan yang selama ini terkendala jarak,” jelasnya.
Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan yang penting dan massive di tengah masyarakat. Mas Dhito mengaku program DITO ini diharapkan juga dapat membantu masyarakat dalam memasarkan produk UMKM serta mempromosikan desa wisata sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian. Dalam kesempatan itu, Mas Dhito sempat berdialog dengan para pelajar yang tengah mengakses jaringan internet baru tersebut. Para siswa dan siswi membutuhkan jaringan internet untuk kebutuhan belajar melalui daring di tengah pandemi Covid-19. Mereka mengakui sangat terbantu dengan adanya program DITO untuk mendukung aktivitas belajar. Ditempat yang sama, Kepala Desa Kandangan, Hendro Misdiono mengaku berterimakasih atas dukungan Haninditho Himana Pramana dalam program internet masuk desa yang diresmikannya hari ini. Ia juga berharap dengan adanya program ini masyarakat dapat melek teknologi. “Harapannya bisa membantu masyarakat dengan adanya jaringan internet. Ditambah kedepan juga bisa membantu kemudahan layanan desa seperti yang dikatakan mas ditho,” tandasnya. Hendro juga mengaku dengan adanya kondisi pandemi ini kebutuhan internet sangat diperlukan oleh masyarakat. Salah satunya dalam kebutuhan jaringan internet saat pembelajaran sekolah yang diwajibkan secara daring. “Dengan kondisi ini masyarakat banyak yang mengeluh dengan biaya kuota internet dalam pembelajaran sekolah. Sehingga dengan adanya program ini kita ingin dapt membantu meringankan orang tua,” imbuhnya. Sementara skema pembiayaan jaringan internet ini, lanjut Hendro, akan dibiayai dengan dikelola BumDes serta bantuan dana penguatan dari PemDes. “Mungkin diawal nanti akan kita berikan secara gratis terlebih dahulu. Tetapi untuk kedepan kebutuhan pembiayaan tersebut akan dikelola BumDes,” pungkasnya.(tm) 

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Temukan Kami di Facebook

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: