Jakarta – Manchester United (MU) memenangi laga sengit kontra Arsenal dengan skor 3-2 dalam pertandingan pekan ke-14 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Kemenangan itu terbukti oleh MU di hadapan Ralf Rangnick yang tampak menonton langsung di tribun VIP Old Trafford, jelang melakoni tugasnya sebagai pelatih interim.

Rangnick baru mengantungi izin kerja beberapa jam sebelum sepak mula, sehingga MU masih mendapat pendampingan Michael Carrick di tepi lapangan. Tuan rumah tertinggal lebih dulu pada menit ke-12 setelah kiper David de Gea jatuh oleh rekannya sendiri, Fred. Itu terjadi kala mengantisipasi sepak pojok yang berakhir dengan sepakan apik Emile Smith Rowe menyelesaikan umpan Mohamed Elneny.

VAR sempat meninjau tayangan ulang gol tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada pemain Arsenal yang melakukan pelanggaran. Sejak gol itu, MU lebih banyak menguasai laga. Akan tetapi, Arsenal nyaris menggandakan keunggulan melalui aksi Martin Odegaard mengelabui Harry Maguire dan melepaskan umpan kepada Gabriel Martinelli, tapi talenta Brazil itu membuang sia-sia peluang tersebut pada menit ke-38.

Kegagalan itu harus terbayar mahal sebab pada menit ke-44 Bruno Fernandes mampu mencetak gol penyama kedudukan dengan tembakan menyilangnya yang gagal dihentikan sempurna oleh kiper Aaron Ramsdale dan skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua terbuka dengan penjaga gawang masing-masing tim unjuk kemampuan. De Gea mementahkan peluang Gabriel Magalhaes dalam situasi sepak pojok, sedangkan Ramsdale menghalau tembakan sudut sempit Cristiano Ronaldo.

Pada menit ke-52, Ronaldo sukses membawa MU berbalik memimpin dengan tendangan sentuhan pertama untuk menyelesaikan umpan tarik kiriman Marcus Rashford. Namun, keunggulan tuan rumah hanya bertahan seumur jagung, sebab dua menit kemudian Odegaard mengoyak gawang tuan rumah memanfaatkan umpan akurat dari Martinelli.

MU kemudian memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-69 setelah wasit Martin Atkinson dianjurkan VAR untuk mendatangi monitor tepi lapangan untuk meninjau insiden pelanggaran Odegaard terhadap Fred di dalam kotak terlarang.

Ronaldo yang menjadi algojo secara percaya diri melepaskan eksekusi penalti yang lurus ke tengah gawang. Sementara Ramsdale melompat ke kiri dan MU sukses merestorasi keunggulan pada menit ke-70.

Kapten Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang berusaha membuat kedudukan imbang lagi, tapi tembakan volinya bisa aman oleh De Gea. Sementara Fred melakukan halauan krusial untuk menghalau sepakan melengkung Bukayo Saka dan skor 3-2 mampu MU pertahankan hingga bubaran.

Hasil itu jadi kemenangan pertama MU sejak memecat Ole Gunnar Solskjaer. Mereka naik ke posisi ketujuh klasemen dengan koleksi 21 poin. Sedangkan Arsenal membuang sia-sia kesempatan masuk ke-empat besar dan tertahan di urutan kelima dengan 23 poin. Demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

MU selanjutnya akan menjamu Crystal Palace di Old Trafford dan akan mendapat pendampingan Rangnick sebagai laga debutnya pada Minggu (5/12). Sedangkan sehari kemudian Arsenal bakal bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton. (*/gg)