Beranda Ragam Antisipasi bencana alam

Antisipasi bencana alam

140
0

Menindak lanjuti penetapan siaga darurat bencana yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, musyawarah pimpinan daerah Kota Sukabumi menggelar apel siaga bencana. Aksi siaga itu dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi pada Kamis 22 November, bertujuan agar seluruh elemen masyarakat siaga dan antisipasi terjadinya bencana.

Selama sebulan terakhir ini, wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat kerap dilanda cuaca ekstrem atau buruk, yang ditandai dengan turunnya hujan deras disertai angin kencang dan petir.
Kondisi cuaca itu berpotensi terjadi bencana alam, apalagi Kota Sukabumi adalah salah daerah di Jabar yang rawan bencana tanah longsor.

Antisipasi terjadinya bencana khususnya bertujuan untuk meminimalisasi dampak kerugian harta maupun nyawa, muspida setempat langsung menggelar apel siaga bencana.
Kegiatan ini juga sebagai langkah antisipasi, dan mengingingatkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut waspada, karena untuk penanggulangan dini warga harus ikut turun tangan sebelum ada petugas yang tiba di lokasi.

Siaga ini melibatkan unsur Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0607 Sukabumi Letkol Infanteri Mujahidin, mengecek persiapan personel tanggap bencana yang berasal dari berbagai unsur.

Hasil pemetaan yang dilakukan badan penanggulangan bencana daerah Kota Sukabumi, seluruh kecamatan di daerah ini masuk dalam daerah rawan bencana baik itu kategori ringan, sedang maupun berat. Antisipasi dini pun terus dilakukan agar jika terjadi bencana bisa segera ditanggulangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

68 − 60 =