fbpx
Connect with us

Blitar

Angka Pernikahan di Blitar Merangkak Naik

Diterbitkan

pada

Foto : Kasi Bimas Kementerian Agama Kabupaten Blitar Subkhan

Blitar –  Dimasa transisi adaptasi kebiasaan baru, angka pernikahan di Kabupaten Blitar tercatat menunjukkan tren kenaikan. Padahal sebelumnya menurun secara drastis pasca kemunculan penyebaran virus corona pada akhir bulan Maret lalu.

Kasi Bimas Kementerian Agama Kabupaten Blitar Subkhan mengatakan peningkatan jumlah pernikahan dimulai pada bulan Juni kemarin. Berdasarkan data masuk, selama bulan Mei hanya terdapat 28 pasangan pengantin melaksanakan akad nikah.

“Sedangkan untuk bulan Juni meningkat secara tajam, yakni mencapai 852 peristiwa perkawinan. Memang setelah lebaran pasti banyak terjadi pernikahan dan fenomena ini juga dialami di seluruh daerah”. kata Subkhan

Ditanya soal pemicu lonjakan, menurut Subkhan peningkatan ini lantaran adanya kenyakinan masyarakat tentang keistimewaan melaksanakan pernikahan pada bulan Syawal. Sehingga terjadi perubahan yang signifikan.

“Pada bulan Syawal dari tahun ke tahun pasti banyak acara pernikahan, karena pada bulan itu katanya bagus atau harinya baik untuk melangsungkan akad nikah. Jadi saat bulan Juni jumlahnya mukai meningkat”. imbuhnya

Subkhan menambahkan sesuai laporan masuk di Kementerian Agama Kabupaten Blitar terdapat 5 Kecamatan yang memiliki jumlah angka pernikahan paling tinggi dibanding lainnya yakni Ponggok 84, Gandusari 65, Srengat 57, Kanigoro 56 dan Nglegok 53. (SK)

download madu tv di playstore

Continue Reading
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Temukan Kami di Facebook

Radio MDSFM

Madu TV Channel

Linked Media

%d blogger menyukai ini: