Beranda Berita Pengelola Wisata Srambang Antisipasi Bencana Alam

Pengelola Wisata Srambang Antisipasi Bencana Alam

142
0

Menghadapi potensi terjadinya cuaca buruk dan bencana alam lereng Gunung Lawu, pengelola taman wisata Srambang, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, meningkatkan kewaspadaan. Selain bekerjasama dengan instansi terkait, pengelola juga membentuk tim internal untuk menangani bencana alam, khususnya saat musim penghujan.

Taman Wisata Srambang yang berada di Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tak hanya menyuguhkan keindahan alam semata. Berbagai objek wisata alam di lereng gunung tentu juga menyimpan potensi bencana.

Karena itu, untuk meminimalisir dampak dari bencana alam, pihak pengelola taman wisata srambang telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dan tim khusus reaksi cepat, serta jalur evakuasi, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Bahkan, pihak pengelola juga sudah memasang sejumlah papan peringatan di beberapa titik, lengkap dengan nomor kontak petugas yang siap dihubungi setiap saat.

Hariyanto – Pengelola Taman Srambang ”Kami siapkan semuanya termasuk membentuk tim darurat jika sewaktu-waktu terjadi keadaan yang tidak memungkinkan. Jalur evakuasi kami siapkan, tanda tanda petunjuk sudah kami siapkan semua. Untuk pengeras suara juga peringatan peringatan lebih dini apabila terjadi cuaca buruk.“

Sejak dibangun dan dikembangkan, jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata ini mengalami peningkatan, sehingga faktor keselamatan menjadi prioritas.

Di musim penghujan, kewaspadaan bencana lebih ditingkatkan, karena sebelumnya di Taman Wisata Srambang pernah terjadi bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

26 − 18 =