Beranda Berita Alat Pemfilter Polusi Udara Karya Sekolompok Mahasiswa UNIBRAW

Alat Pemfilter Polusi Udara Karya Sekolompok Mahasiswa UNIBRAW

66
0

Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya Malang membuat alat untuk memfilter polusi udara. Lewat alat tersebut mereka berupaya untuk mengurangi polusi udara, dan mencegah perubahan iklim global.
Inilah apisiwa, alat pemfilter polusi udara karya lima mahsiswa lintas fakultas Universitas Brawijaya Malang, yakni Iwayan Angga, Muhammad Kuzain, Hafid Hidayat, Nayla L Arisi, Alisa Absari.
Ide penrancangan apisiwa, berawal dari keprihatinan akan Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia.
Fungsi dari alat ini akan melakukan monitoring udara sekitar, saat udara teridentifikasi polusi.
Ketika kadar karbondioksida yang terdeteksi di atas batas normal kadar, maka proses filtering akan terjadi. Karbondioksida yang membuat udara kotor akan terendam, sehingga gas yang tersisa untuk dihembuskan hanyalah oksigen saja.
Menurut data, diperkirakan pada tahun 2030, emisi total gas rumah kaca di Indonesia bisa mencapai angka 1563 juta ton karbondioksida. Lewat alat ini, diharap dapat menyelesaikan masalah polusi udara, mencegah perubahan iklim global, serta meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.
Meski masih berupa prototype, namun mereka optimis bisa segera membuat alat dalam skala produksi besar. Sehingga bisa digunakan di berbagai tempat, mulai dari jalan raya yang banyak terdapat polusi udara, maupun di area industri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

70 + = 77