Beranda Berita Al-Alam, Masjid Terapung Di Tengah Teluk Kendari

Al-Alam, Masjid Terapung Di Tengah Teluk Kendari

71
0

Masjid Al-Alam menjadi satu masjid paling unik di Indonesia. Terletak di atas Perairan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, sehingga saat air sedang pasang, masjid itu terlihat terapung di atas air. Sehingga, masyarakat pun menjadikannya sebagai objek wisata religi, utamanya di Bulan Ramadhan.
Arsitekturnya memang sangat indah, mewah, dan unik. Berdiri di tengah teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, masjid bernama Al-Alam ini, pondasinya memang berada di atas laut. Sehingga, jika air sedang pasang, masjid yang didominasi warna putih, biru, dan kubah keemasan, yang khusus didatangkan dari Jerman ini terlihat terapung di atas air. Keindahan empat buah menara pada setiap sudutnya juga semakin menambah kemegahan masjid yang dibangun pada tahun 2010, dan diresmikan pada tahun 2018 ini. Dimana Mursyid Mustafa, arsitek asal Sulawesi Selatan, merancangnya menyerupai hotel mewah Burj Al-Arab, di dubai. Begitu juga interior masjid, yang ditingkahi berbagai pernik dan kaligrafi indah. Dilengkapi dengan pintu dan mihrab yang mengadopsi Masjid Nabawi, di Madinah. Tak heran, jika di petang hari di Bulan Ramdhan, masjid ini kerap diramaikan banyak warga, yang ingin menunggu waktu berbuka puasa. sambil menikmati keindahannya, dengan berswafoto. Apalagi, karena pengurus masjid pun menyediakan kudapan untuk berbuka puasa. Letaknya yang agak berjauhan dari hiruk-pikuk kota, memang cocok dikunjungi saat akan bersantai dan menenangkan diri. Akses jalan ke sana pun sudah beraspal mulus. Dimana pengunjung akan terlebih dulu melewati hutan bakau. Tak heran, jika masjid Al-Alam kini menjadi ikon baru kota Kendari.
Waktu berbuka puasa ramadan di pantai timur as jatuh sesaat sebelum jam 8:30 sementara restoran umumnya tutup jam 9-10 malam,menjadikan iftar di restoran sebagai tantangan. Seorang umat nasrani menggagas “Dine After Dark”, yang mengajak restoran-restoran untuk memperpanjang waktu operasional mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 7 = 1