Aksi Unjuk Rasa Serukan Sembilan Catatan Hitam dalam Sembilan Tahun Rezim Jokowi

169

BANDUNG – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Poros Revolusi Mahasiswa Bandung, atau PRMB, dari berbagai perguruan tinggi di Bandung Raya, menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, Kota Bandung, pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2023. Massa aksi ini dengan penuh semangat menyerukan sembilan catatan hitam dalam sembilan tahun rezim Joko Widodo (Jokowi).

Aksi yang digelar ini merupakan bentuk protes terhadap kinerja Presiden Joko Widodo, yang telah memimpin selama sembilan tahun, dan dianggap gagal oleh sejumlah mahasiswa. Dalam aksinya, massa menyuarakan sembilan catatan hitam yang mencerminkan sembilan tahun rezim Jokowi yang dinilai kurang memuaskan oleh mereka.

Tidak hanya itu, aksi ini juga digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan sembilan tuntutan kepada Presiden Jokowi. Tuntutan-tuntutan ini mencakup berbagai aspek, seperti masalah ekonomi, sistem pendidikan, hak asasi manusia, lingkungan hidup, agraria, demokrasi, pelayanan publik, hingga supremasi hukum. Mahasiswa-mahasiswa ini dengan tegas menyampaikan aspirasi mereka terkait beragam isu penting yang memengaruhi masyarakat Indonesia.

Aksi massa dimulai pada siang hari dan berlangsung hingga sekitar pukul 18:00 WIB. Para peserta aksi dengan tertib dan damai menyampaikan pesan-pesan mereka kepada pemerintah dan masyarakat, dengan harapan adanya perubahan yang lebih baik di berbagai sektor kehidupan nasional.

Aksi ini merupakan bukti nyata semangat perubahan dari generasi muda Indonesia. Mereka ingin melihat perubahan yang positif dalam berbagai aspek kehidupan negara, dan aksi damai ini menjadi wujud dari keinginan mereka untuk berpartisipasi dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia.