Akibat El Nino Awal Musim Hujan Diprediksi Baru Terjadi Pada Desember Mendatang

114

Kediri – Musim penghujan yang ditunggu-tunggu akan segera datang, dan kabar baiknya datang langsung dari Kepala BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh. Menurut beliau, musim penghujan baru diprediksi akan dimulai pada awal Desember 2023 mendatang. Kabar ini tentu disambut dengan antusiasme oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang telah lama menanti hujan untuk mengairi tanaman dan mengisi sumber air.

Namun, Indun Munawaroh juga menjelaskan bahwa awal musim hujan tahun ini mengalami penundaan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya fenomena El Nino yang sedang terjadi di Indonesia. Fenomena El Nino memengaruhi iklim dengan membuat musim kemarau menjadi lebih panjang dan lebih kering dari biasanya.

Menurut Indun Munawaroh, pertengahan bulan September seharusnya sudah ditandai dengan sejumlah petunjuk turunnya musim hujan. Beberapa tanda tersebut meliputi pancaroba dengan angin kencang serta perubahan cuaca yang ekstrem, mulai dari panas tiba-tiba berubah menjadi mendung pada sore harinya. Namun, hingga saat ini, tanda-tanda tersebut belum muncul, dan Kota Kediri masih berada dalam kondisi cerah berawan.

Meskipun demikian, kita tetap harus bersikap optimis dan berharap bahwa hujan akan segera datang untuk mengatasi kekeringan yang telah berlangsung cukup lama. Semua pihak diharapkan tetap waspada terhadap kondisi cuaca dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menghadapi musim hujan yang akan datang.

Kabar ini disampaikan oleh Biro Kediri, Jawa Timur, dan merupakan berita yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Semoga prediksi Indun Munawaroh menjadi kenyataan, dan musim hujan segera menyirami tanah-tanah yang kering.