Akhir Juni 2020, Wisata di Kota Blitar Dibuka Secara Bertahap

Blitar – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar tengah menyiapkan sejumlah skenario untuk membuka kembali destinasi wisata ketika kenormalan baru (New Normal) diberlakukan di wilayah setempat.

Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan berdasarkan perencanaan awal tempat wisata akan dibuka secara bertahap pada akhir bulan Juni, namun dengan catatan pengunjung harus dibatasi.

“Selain itu kami juga sudah berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat supaya tempat wisata dibuka terlebih dahulu ketika New Normal diberlakukan”. Tutur Imam

Ia menjelaskan sesuai monitoring di lapangan ada beberapa tempat wisata yang akan dibuka pada tahap pertama yaitu kawasan Makam Bung Karno, Istana Gebang, Kampung Afrika, dan Fish Garden.

“Sementara pada tahap pertama itu yang kami buka, karena hasil kesepakatan tempat tersebut sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi yang sesuai anjuran protokol kesehatan dan menjamin bisa mengendalikan jumlah pengunjung”. Tegasnya

Kata Imam, destinasi wisata yang direkomendasikan dapat menerima pengunjung harus wajib memberlakukan kawasan tertib penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Pemberlakuan itu wajib dilakukan bagi siapapun baik petugas maupun pengunjung jadi tidak ada perbedaan, seperti mentaati physical distancing (jaga jarak fisik), memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan”. Tandasnya

Imam menambahkan sementara waktu bagi tempat wisata yang dibuka terlebih dahulu harus bisa membatasi pengunjung, seperti di kawasan makam bung karno (MBK) sebanyak 50 orang sedangkan istana gebang hanya 25 orang.

“Kami berharap seluruh pengunjung bisa memahami situasi dan kondisi terkini, terlebih dalam menghadapi penyebaran virus corona”. Ujarnya (sk)