26 Reka Adegan Diperlihatkan Saat Rekontruksi Aksi Pembunuhan Seorang Petani di Balongan Indramayu

95

Indramayu, 25 Oktober 2023 – Dalam sebuah pengembangan terbaru dalam penyelidikan kasus pembunuhan yang menggemparkan di Desa Singaraja, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, penegak hukum telah mengambil langkah signifikan untuk mengungkap kebenaran di balik tragedi yang mengenaskan tersebut.

Dalam rekonstruksi dramatis yang berlangsung hari ini di Lapangan Tembak Mapolres Indramayu, pelaku utama, Dasim, didatangkan oleh pihak kepolisian untuk memperagakan kembali momen-momen kritis ketika nyawa korban merenggutnya. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, bersama dengan Kasat Reskrim Polres Indramayu, AKP Hilal Adi Imawan, memimpin proses rekonstruksi ini yang mencakup 26 reka adegan penting.

Reka adegan dimulai dari saat tersangka Dasim keluar dari rumah menuju gubuk di tengah sawah, di mana korban juga berada. Peristiwa tragis ini berawal dari panggilan Dasim kepada korban, yang pada akhirnya memunculkan pertengkaran tak terduga. Adegan gulat di tengah sawah pun terjadi, dan pelaku berhasil merebut sabit dari tangan korban. Pembacokan mengerikan pun terjadi, meninggalkan korban dengan luka parah di mata, wajah, dan leher.

Setelah peristiwa itu, pelaku melarikan diri dan meninggalkan lokasi kejadian, menuju rumah orang tuanya, sambil membawa sabit dan sandal milik korban. Penting untuk dicatat bahwa pelaku memiliki riwayat gangguan jiwa, dan setelah penangkapannya, pihak kepolisian juga melakukan pemeriksaan visum et repertum psychiatricum (visum) untuk menilai kondisi kejiwaannya.

Dalam rekonstruksi yang berlangsung hari ini, pelaku menunjukkan bahwa ia berada dalam kondisi sehat dan mampu berkomunikasi dengan baik. AKP Hilal Adi Imawan, didampingi oleh Kasihumas Polres Indramayu, IPDA Tasim, mengungkapkan bahwa rekonstruksi ini menjadi bukti yang sangat penting dalam penyidikan kasus ini. Proses rekonstruksi memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana peristiwa tragis pembunuhan itu terjadi.

Langkah-langkah hukum selanjutnya akan diambil sesuai dengan hasil penyidikan dan rekonstruksi ini, dan diharapkan dapat membantu mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan yang mengguncang masyarakat di Indramayu ini. Kepolisian berkomitmen untuk memastikan bahwa keadilan ditegakkan dan bahwa pelaku akan dihadapkan pada hukum sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya.