Beranda Berita 22 KEMENTRIAN FOKUS UNTUK TURUNKAN ANGKA STUNTING DI KABUPATEN PROBOLINGGO

22 KEMENTRIAN FOKUS UNTUK TURUNKAN ANGKA STUNTING DI KABUPATEN PROBOLINGGO

60
0

Tingginya angka prevalensi stunting di kabupaten probolinggo membuat pemerintah pusat melalui komunikasi sosial kementerian komunikasi dan informatika (KEMKOMINFO) turun ke daerah. Bahkan, kabupaten probolinggo sendiri dari 160 daerah yang di fokuskan.

Hal itu dibuktikan dengan menggelar forum dialog bantuan sosial (BPNT/PKH) dalam rangka intervensi percepatan penurunan prevalensi stunting di ruang tengger pemkab probolinggo.

Selain itu penanganan dan pencegahannya melibatkan 22 kementerian republik indonesia. Sehingga penyampaikan informasi pencegahan stunting perlu digalakkan.

Kasubdit informasi dan komunikasi sosial kementerian komunikasi dan informatika (KEMKOMINFO) sarjono mengungkapkan, stunting menjadi isu nasional saat ini.

Di mana angka stunting nasional pada tahun 2013 mencapai 37%. Kemudian di tahun 2018 turun menjadi 30%. Untuk penanganan dan pencegahannya, ada 20 kementerian yang terlibat.

Sedangkan di kabupaten probolinggo tahun 2013 mencapai 49,9%. Turun sebesar 9,5% pada tahun 2018 menjadi 39,9%. Sementara di tingkat provinsi jawa timur tahun 2013 mencapai 35% dan turun pada tahun 2018 menjadi 32%.

Sarjono mengungkapkan banyak faktor yang menyebabkan stunting. Seperti pernikahan di bawah umur, akses sanitasi, kekurangan gizi, akses kesehatan dan faktor lainnya.

Persoalan itu, menurutnya diduga karena minimnya infomasi terkait stunting yang diterima masyarakat. Padahal stunting dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (KERDIL) dari standar usianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 7 =