Beranda Berita 2019 Tidak Ada Lagi KTP Rusak Beredar

2019 Tidak Ada Lagi KTP Rusak Beredar

121
0

Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo memastikan di tahun 2019 mendatang, jika ada satu KTP Elektronik rusak, maka akan langsung dilakukan pemusnahan. Hal ini terkait dengan jaminan yang diberikan pemerintah, terhadap satu identitas bagi satu pemilik. Mendagri juga menuturkan, terkait beredarnya KTP elektronik yang rusak tidak ada kaitannya dengan konsolidasi menjelang pemilu 2019 mendatang.

Kementerian dalam negeri menjamin di tahun 2019 mendatang, tidak akan ada lagi KTP elektronik rusak yang masih beredar di lingkungan masyarakat. Dalam jumpa pers capaian empat tahun kemendagri, di Jakarta, 26 desember, menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo memastikan, jika terdapat satu KTP elektronik yang rusak, maka akan langsung dimusnahkan.

Menurutnya, setelah mendapatkan izin dari pihak komisi pemberantasan korupsi terkait kelengkapan data, hingga kerusakan maupun kesalahan cetak, selanjutnya pihak kemendagri siap melakukan pemusnahan KTP elektronik. Pemusnahan akan dirampungkan hingga akhir tahun 2018 ini. Mendagri Tjahjo menegaskan, terkait beredarnya KTP elektronik yang rusak tidak ada kaitannya dengan konsolidasi menjelang pemilu 2019 mendatang.

Hingga kini, data dari kemendagri menyebut, sudah 97,58 persen perekaman KTP elektronik dilakukan. Namun masih ada lima provinsi yang dikategorikan sebagai wilayah terendah dalam melakukan perekaman KTP elektronik. Yakni Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

66 − 59 =