20 Negara Jadi Observer AIPA, DPR Siap Fasilitasi Pertemuan dengan Maksimal

Jakarta – Dalam semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dari para parlemen anggota ASEAN, sidang umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) telah tiba dengan penuh semangat. Rangkaian acara yang sangat beragam, mulai dari General Debate hingga pertemuan komite dan bilateral, telah dipersiapkan secara maksimal oleh tuan rumah Indonesia. Ketua Badan Kerja Sama Antara Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, dengan antusias mengungkapkan bahwa persiapan untuk acara bergengsi ini berjalan lancar dan memuaskan.

Dalam sidang AIPA kali ini, peran perempuan di Women Parliamentarians of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (WAIPA) menjadi fokus perbincangan penting. Penguatan peran perempuan sebagai pemangku kepentingan utama dalam pembangunan dan pengambilan keputusan politik di kawasan ASEAN diharapkan akan menjadi langkah maju yang signifikan. Isu-isu kepelembagaan juga tidak luput dari sorotan, khususnya yang terkait dengan Young Parliamentarians of the AIPA, dimana peran kaum muda dalam proses pengambilan keputusan akan diperkuat untuk mencerminkan aspirasi generasi muda yang semakin relevan dan progresif.

Tidak hanya itu, berbagai komite permanen juga akan mendapatkan perhatian serius dalam sidang AIPA kali ini. Komite politik akan membahas isu-isu politik yang kompleks, sementara komite ekonomi akan memfokuskan upayanya pada kerjasama ekonomi di antara negara-negara anggota ASEAN. Sementara itu, komite sosial budaya akan memperjuangkan hak asasi manusia dan masyarakat yang inklusif, serta komite organisasi akan mengawal tata kelola ASEAN yang efektif dan responsif.

Menariknya, Indonesia sebagai tuan rumah dengan bangga mengajukan enam resolusi, dua di antaranya dalam bidang politik. Resolusi-resolusi tersebut menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam memperkuat kerjasama regional dalam berbagai aspek kehidupan bangsa. Dengan keberhasilan mengajukan resolusi-resolusi penting ini, Indonesia berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan rakyat ASEAN secara keseluruhan.

Sidang umum AIPA ke-44 ini juga menjadi ajang penting bagi Indonesia untuk memperlihatkan peran aktifnya sebagai pemimpin regional. Dalam acara yang akan dihadiri oleh 20 negara observer, Indonesia berkesempatan untuk menunjukkan komitmen tinggi dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan ASEAN. Kehadiran para perwakilan parlemen dari negara-negara anggota ASEAN dan observer akan semakin memperkuat sinergi antarbangsa dan semangat kerjasama dalam mewujudkan visi dan misi ASEAN sebagai sebuah komunitas yang kuat dan maju.

Dengan segala persiapan dan semangat yang luar biasa, Indonesia percaya bahwa sidang umum AIPA ke-44 akan menjadi momentum berharga dalam mendorong kerjasama yang lebih erat di antara negara-negara anggota ASEAN. Keberhasilan sidang ini akan menandai langkah maju bagi kawasan ASEAN dan memperkuat peran penting AIPA dalam menciptakan harmoni dan kemajuan di tengah dinamika global yang terus berkembang. Semoga sidang AIPA ke-44 ini akan menjadi titik balik bagi kesejahteraan dan kedamaian di ASEAN, untuk sekarang dan masa depan yang lebih cerah.