Beranda Berita 19 Ekor Lutung Jawa Mendapatkan Pemeriksaan Medis Tim Dokter, Di Javan Langur...

19 Ekor Lutung Jawa Mendapatkan Pemeriksaan Medis Tim Dokter, Di Javan Langur Center.

62
0

19 Ekor Lutung Jawa Mendapatkan Pemeriksaan Medis Tim Dokter, Di Javan Langur Center.

Sebanyak 19 ekor lutung Jawa, menjalani pemeriksaan medis tim dokter di javan langur center Kota Batu. Para lutung tersebut dikelompokkan dalam 2 grup, masing-masing 10 ekor hasil sitaan BKSDA dan penyerahan sukarela warga, serta 9 ekor yang siap dilepasliarkan ke alam liar pada akhir agustus mendatang.

Selama 2 hari, ke-19 ekor lutung jawa ini menjalani pemeriksaan kesehatan di pusat rehabilitasi primata – khususnya lutung jawa, javan langur cente, coban talun, bumiaji, Kota Batu.

Mereka terbagi dalam 2 kelompok besar. Dimana di hari pertama i, dijadwalkan 10 ekor lutung jawa, titipan balai konservasi sumber daya alam, BKSDA Jember, hasil sitaan dan penyerahan langsung warga, menjalani pemeriksaan lengkap, mulai dari fisik, pemeriksaan darah, penyakit menular, hingga kultur bakteri.

Pemeriksaan yang sama, juga bakal dilakukan kepada 9 ekor lutung jawa, yang selama 8 bulan terakhir, menjalani rehabilitasi dan karantina di javan langur center.

Pemeriksaan medis ini, dirasa sangat penting bagi kelangsungan hidup salah satu jenis primata endemik Pulau Jawa tersebut. Keberadaan mereka di habitat mereka sebelumnya yang hidup bersama manusia, memiliki resiko besar tertular penyakit berbahaya. Pasalnya, antara manusia dengan lutung jawa, sama-sama memiliki peluang saling menularkan penyakit.

Pemeriksaan medis juga diperlukan bagi lutung jawa, yang menunggu masa pelepasliaran ke alam liar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 3 = 5